7 Kesalahan Sepele Para Pelamar Kerja
4 posters
:: Lifestyle :: Tips n Trick
Halaman 1 dari 1
7 Kesalahan Sepele Para Pelamar Kerja
1. Salah menulis nama perusahaan.
Beberapa pelamar salah menulis nama perusahaan. Kalau hanya sekedar salah ejaan atau salah singkatan masih bisa dimaklumi, lha ini kok ada yang salah nama perusahaan secara total atau juga masih mencantukan alamat PO BOX entah milik perusahaan mana.
Hasilnya sudah tahukan ? tewas dalam hitungan pertama. Jangan sekali-kali salah menulis nama perusahaan. Kesannya sangat tidak professional.
2. Salah menulis referensi.
Bagian atas lamaraaan biasanya diisi dengan basa-basi asal informasi, namun basa-basi ini bisa menjadi basbang karena salah tulis. Ada pelamar yang mengaku mendapat informasi dari Koran, padahal perusahaan tidak memasang iklan.
Penjelasannya kemungkinan besar hanya satu,mereka melakukan copy paste aplikasi lamaran.
3. Format lamaran.
Beberapa lamaran, herannya ditulis seperti anak SD diminta menulis surat lamaran kerja. Beberapa lamaran yang masuk, alih-alih memberikan resume mengenai kemampuan malah mencantumkan daftar berkas yang dilampirkan, seperti :
Berikut saya sampaikan :
- Fotocopy KTP
- Fotocopy Ijazah
- Fotocopy Sertifikat
- ????.
Mungkin lampiran tersebut berguna, tapi akan sangat membantu bagian HRD jika yang bersangkutan mengatakan apa saja kemampuan yang dimiliki. Misalnya, ?Saya menguasai bahasa pemrograman java, Ruby, Python, PHP??
4. Salah ketik.
sebagian resume memiliki kealahan ketik yang cukup mencolok. Bukan hanya untuk nama aplikasi yang dikuasai, tapi bahkan pada halaman resume aplikasi. Apa tidak ada waktu untuk mengecek tulisan ya?
5. Alamat email yang digunakan .
Seorang pelamar menggunakan alamat email ?Asu?. Haduh mas, dalam bahasa Jawa, Asu itu artinya dog.
Pelamar lain menggunakan alamat email(contoh ini namanya saya ganti) ?Rika_cantique?. Hihihi, saya sampai geli melihat alamat email seperti itu. Mengapa tidak membuat alamat email khusus yang lebih mencerminkan pribadi secara formal, kan lebih elegan. Selain penggunaan alamat email seperti diatas, hindari juga penggunaan email resmi kantor. Masa melamar kerja menggunakan alamat email tempat kerja sekarang, kurang etis dong.
6. Nama attachment
Beberapa perusahaan memang mencantumkan aturan tidak diperkenankan mengirimkan attachment, tapi untuk kali ini saya membolehkannya. Hanya saja, sebagian besar pelamar melupakan nama attachment yang informative.
Sekitar 30% pelamar menggunakan nama attachment yang sama, ?CV?. Saat HRD membuka email dan menerima setumpuk attachment dengan nama ?CV? tentu saja perlu waktu tambahan untuk membukanya satu persatu. Ingat, kadang-kala HRD memilih menyimpan attachment untuk diseleksi, bukan langsung membukanya dari email. Ini sekaligus untuk keperluan database.
Beberapa nama lain yang sifatnya standar adalah: ?Lamaran kerja?, ?lamaran pekerjaan? ?My CV?,?PT.XYZ? dan lain-lain. Sebaiknya,gunakan nama attachment yang informative, misalnya :?MuhammadRivai-resume-programer-MSA?, atau ?MuhammadRivai-CV-AccountingSupervisor-MSA?. MSA bisa diganti dengan nama singkatan perusahaan. Panjang sedikit nga apa-apa asal bisa lebih informative.
7. Format attachment
ada pelamar yang menyertakan attachment dalam bentuk zip atau dalam bentuk dokumen yang dipassword. Lha, apa saya mesti melakukan crack dulu baru bisa membukanya?
Ada juga yang memberikan attachment dalam bentuk file dengan ekstention Al. anda tahu ekstension itu? Bukan artificial inteligent tapi Adobe illustrator.
Sayang sekali bukan, jika aplikasi yang kita kirimkan hanya menambah deretan orang yang gagal pada kesempatan pertama untuk bisa bekerja?***
Beberapa pelamar salah menulis nama perusahaan. Kalau hanya sekedar salah ejaan atau salah singkatan masih bisa dimaklumi, lha ini kok ada yang salah nama perusahaan secara total atau juga masih mencantukan alamat PO BOX entah milik perusahaan mana.
Hasilnya sudah tahukan ? tewas dalam hitungan pertama. Jangan sekali-kali salah menulis nama perusahaan. Kesannya sangat tidak professional.
2. Salah menulis referensi.
Bagian atas lamaraaan biasanya diisi dengan basa-basi asal informasi, namun basa-basi ini bisa menjadi basbang karena salah tulis. Ada pelamar yang mengaku mendapat informasi dari Koran, padahal perusahaan tidak memasang iklan.
Penjelasannya kemungkinan besar hanya satu,mereka melakukan copy paste aplikasi lamaran.
3. Format lamaran.
Beberapa lamaran, herannya ditulis seperti anak SD diminta menulis surat lamaran kerja. Beberapa lamaran yang masuk, alih-alih memberikan resume mengenai kemampuan malah mencantumkan daftar berkas yang dilampirkan, seperti :
Berikut saya sampaikan :
- Fotocopy KTP
- Fotocopy Ijazah
- Fotocopy Sertifikat
- ????.
Mungkin lampiran tersebut berguna, tapi akan sangat membantu bagian HRD jika yang bersangkutan mengatakan apa saja kemampuan yang dimiliki. Misalnya, ?Saya menguasai bahasa pemrograman java, Ruby, Python, PHP??
4. Salah ketik.
sebagian resume memiliki kealahan ketik yang cukup mencolok. Bukan hanya untuk nama aplikasi yang dikuasai, tapi bahkan pada halaman resume aplikasi. Apa tidak ada waktu untuk mengecek tulisan ya?
5. Alamat email yang digunakan .
Seorang pelamar menggunakan alamat email ?Asu?. Haduh mas, dalam bahasa Jawa, Asu itu artinya dog.
Pelamar lain menggunakan alamat email(contoh ini namanya saya ganti) ?Rika_cantique?. Hihihi, saya sampai geli melihat alamat email seperti itu. Mengapa tidak membuat alamat email khusus yang lebih mencerminkan pribadi secara formal, kan lebih elegan. Selain penggunaan alamat email seperti diatas, hindari juga penggunaan email resmi kantor. Masa melamar kerja menggunakan alamat email tempat kerja sekarang, kurang etis dong.
6. Nama attachment
Beberapa perusahaan memang mencantumkan aturan tidak diperkenankan mengirimkan attachment, tapi untuk kali ini saya membolehkannya. Hanya saja, sebagian besar pelamar melupakan nama attachment yang informative.
Sekitar 30% pelamar menggunakan nama attachment yang sama, ?CV?. Saat HRD membuka email dan menerima setumpuk attachment dengan nama ?CV? tentu saja perlu waktu tambahan untuk membukanya satu persatu. Ingat, kadang-kala HRD memilih menyimpan attachment untuk diseleksi, bukan langsung membukanya dari email. Ini sekaligus untuk keperluan database.
Beberapa nama lain yang sifatnya standar adalah: ?Lamaran kerja?, ?lamaran pekerjaan? ?My CV?,?PT.XYZ? dan lain-lain. Sebaiknya,gunakan nama attachment yang informative, misalnya :?MuhammadRivai-resume-programer-MSA?, atau ?MuhammadRivai-CV-AccountingSupervisor-MSA?. MSA bisa diganti dengan nama singkatan perusahaan. Panjang sedikit nga apa-apa asal bisa lebih informative.
7. Format attachment
ada pelamar yang menyertakan attachment dalam bentuk zip atau dalam bentuk dokumen yang dipassword. Lha, apa saya mesti melakukan crack dulu baru bisa membukanya?
Ada juga yang memberikan attachment dalam bentuk file dengan ekstention Al. anda tahu ekstension itu? Bukan artificial inteligent tapi Adobe illustrator.
Sayang sekali bukan, jika aplikasi yang kita kirimkan hanya menambah deretan orang yang gagal pada kesempatan pertama untuk bisa bekerja?***
Re: 7 Kesalahan Sepele Para Pelamar Kerja
makaci ea mz panta...
:niceday:
nina masi inget kug yg kmaren a bilang.
:nohope:
:niceday:
nina masi inget kug yg kmaren a bilang.
:nohope:
nina_luph- Kopral
-
Jumlah posting : 77
Age : 36
Location : cirebon
mig33 id : nina_luph
Reputation : 0
Points : 36
Registration date : 27.07.08
Re: 7 Kesalahan Sepele Para Pelamar Kerja
Hihihii.........nina lucu sh.... :nohope:
shamied- Letnan Jenderal
-
Jumlah posting : 545
Age : 39
Location : Brebes
Job/hobbies : Balap TAMIYA
Motto : KEEP ON ROCK...!!!
mig33 id : shamied_
Reputation : 0
Points : 18
Registration date : 02.09.08
Re: 7 Kesalahan Sepele Para Pelamar Kerja
:bingung: maring shamid.
djerri- Letnan Kolonel
-
Jumlah posting : 368
Age : 40
Location : tegal
Job/hobbies : macul...wkakakaka..
Motto : sing penting urip,waras,bregas,ora kurangan beras,barange akas..hehee..
mig33 id : djerri
Reputation : 2
Points : 131
Registration date : 27.07.08
Similar topics
» Kesalahan Umum dalam Melamar Kerja
» TIPS SUKSES DALAM WAWANCARA KERJA
» saran buat para staff
» PARA JAWARA LIGA CHAMPION (LC)
» TIPS SUKSES DALAM WAWANCARA KERJA
» saran buat para staff
» PARA JAWARA LIGA CHAMPION (LC)
:: Lifestyle :: Tips n Trick
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik